Sebuah Yamaha Champ tahun 1992 yang tampak seperti baru saja keluar dari pabrik baru-baru ini menjadi sorotan. Motor ini bukan unit baru, melainkan hasil restorasi total yang mengagumkan. Seluruh komponennya diganti dengan onderdil baru dan sebagian new old stock (NOS), sehingga kondisinya benar-benar prima.
Dilihat sekilas, motor ini seperti motor baru karena masih terbungkus plastik dan kilometernya masih menunjukkan angka 0. Hal ini menunjukkan dedikasi tinggi dari sang restorator dalam mengembalikan kejayaan Yamaha Champ ini. Detail restorasi yang teliti tampak pada setiap bagian, dari spion hingga spatbor.
Yamaha Champ sendiri merupakan motor yang diluncurkan pada akhir tahun 1989. Motor ini dibangun di atas basis Yamaha Alfa, dan memiliki beberapa kesamaan desain, terutama pada bagian buritan, spakbor belakang, dan dek di tulang tengah. Pada masanya, motor ini sangat populer, terutama di kalangan anak SMA. Desainnya yang sporty dan performa mesinnya yang tangguh membuat motor ini menjadi idola.
Restorasi Yamaha Champ ini dilakukan oleh Yudistira Rachman, Founder YR2Stroke Garage Karanganyar. Ia membangun motor ini dengan konsep orisinal penuh, tanpa ada modifikasi. Tujuannya adalah untuk mengembalikan kenangan bagi para penggemar motor klasik ini, menunjukkan betapa berharganya sebuah motor yang dirawat dengan baik.
Beberapa detail yang menonjol dari restorasi ini antara lain penggunaan setang clip-on, garpu depan ala motor sport, rem cakram, knalpot racing, dan tutup rantai separuh. Semua ini memberikan tampilan yang lebih sporty dan modern dibandingkan dengan versi aslinya. Namun, tetap mempertahankan orisinalitas desain Champ.
Mesin 102 cc 2-tak Yamaha Champ mampu menghasilkan tenaga sebesar 9 Tk. Pada era tersebut, motor 2-tak sangat populer berkat performa dan efisiensi bahan bakarnya. Yamaha Champ berhasil menguasai segmen pasarnya, menawarkan kombinasi performa dan gaya yang sulit ditandingi.
Komponen-komponen yang digunakan dalam restorasi ini semuanya orisinal dan baru. Bahkan, odometer masih menunjukkan angka 0 km. Nomor rangka dan mesin juga sesuai dengan BPKB dan STNK, memastikan keaslian dan legalitas motor ini. Hal ini juga membuktikan betapa detailnya proses restorasi yang dilakukan.
Yudistira menjelaskan bahwa semua bodi-bodi baru, stripping menggunakan new old stock, jok orisinal masih terbungkus plastik, speedometer baru, dan semua lampu indikator berfungsi dengan baik. Bahkan bagian mesin juga diganti baru, seperti blok mesin, crankshaft, setang piston, dan kepala silinder, termasuk double starter-nya.
Karena kelangkaan dan kondisi prima yang terjaga, Yamaha Champ hasil restorasi ini dibanderol dengan harga Rp 105 juta (nego). Motor ini dapat dikirim ke seluruh Indonesia. Bagi yang tertarik, bisa mengunjungi YR2Stroke Garage di Karanganyar atau menghubungi kontak yang tersedia untuk melihat langsung motor klasik yang menakjubkan ini.
Proses restorasi ini bukan sekadar perbaikan, tetapi sebuah penghormatan terhadap sejarah otomotif Indonesia. Yamaha Champ, sebagai ikon motor 2-tak di era 90-an, kini kembali hidup dengan kemegahannya yang telah dipulihkan. Ini adalah contoh nyata bagaimana sebuah kendaraan klasik dapat dihidupkan kembali dengan penuh cinta dan keahlian.
Kesempurnaan restorasi ini terlihat dari kerapihan dan kelengkapan setiap bagiannya. Mulai dari bagian terkecil hingga yang terbesar, semuanya tampak baru dan terawat dengan baik. Hal ini menunjukkan tingkat detail dan ketelitian yang tinggi dalam proses restorasi.
Sebagai penutup, restorasi Yamaha Champ ini adalah bukti nyata kecintaan terhadap motor klasik dan keahlian yang luar biasa dalam proses restorasi. Motor ini bukan hanya sekadar kendaraan, tetapi juga sebuah karya seni yang perlu dijaga dan dihargai.